Cara Usaha Ternak Sapi dan Tips Bisnis untuk Pemula

Cara usaha ternak sapi

Cara usaha ternak sapi dan tips bisnis untuk pemula. ntuk menjalankan bisnis ternak sapi ini memang membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang khusus untuk para pemula yang baru memulainya. Memulai usaha ternak sapi ini tidaklah mudah karna banyak hal yang harus kalian perhatikan dari mulai kandang, makanan sampai impactnya terhadap lingkungan sekitar. Terutama jika kotoran sapi yang tidak di perhatikan akan mengganggu aktivitas masyarakat di sekitar kandang.

Untuk para pemula kita sarankan sebelum memulai usaha ini ada baiknya memiliki pengetahuan yang lengkap mengenai sapi dan cara merawatnya dengan baik. Karna dalam hal bisnis sapi ini kita membutuhkan tenaga yang ekstra di bandingkan berbisnis ayam ataupun kambing. Agar usaha kalian dapat berjalan dengan lancar, anda harus mencari tahu cara usaha ternak sapi dengan baik dan benar.

Cara usaha ternak sapi

Menjalankan usaha ternak sapi ini ada istilah tentang penggemukan. Penggemukan ini adalah salah satu pemeliharaan sapi dewasa untuk di naikan berat badannya dari berat badan yang semula, proses penggemukan ini biasanya membutuh kan waktu 3 sampai 5 bulan.

3 Cara Usaha Ternak Sapi & Tips-tips  Mempunyai Sapi Sehat

  • Pemilihan Bakalan

Bakalan ini salah satu faktor penting yang harus diprhatikan untuk menjalankan usaha ternak sapi. Bakalan ini dapat menentukan hasil akhir dari usaha penggemukan. Pengalaman juga di butuh kan untuk menentukan bakalan. Bakalan atau bibit sapi yang baik untuk proses penggemukan ialah sapi yang memiliki umur lebih dari 2,5 tahun dan memiliki jenis kelamin jantan. Dengan kriteria seperti berikut:

  1. panjang tubuh 170 cm
  2. lingkar dada 133 cm
  3. memiliki mata yang cerah
  4. memiliki bulu yang halus
  5. kotoran terlihat normal seperti sapi yang sewajarnya
  • Ketersediaan Kandang

Cara usaha ternak sapi agar mendapatkan keuntungan yang besar, banyak aspek yang harus di perhatikan salah satunya ketersediaan kandang untuk tempat tinggal sapinya. Kandang sapi ada 2 tipe, tipe individu dan kelompok. Kandang individu biasanya berukuran 2,5 x 1,5 meter, dengan ukuran kandang ini mampu membuat pertumbuhan ternak menjadi pesat.

Sedangkan untuk kandang tipe kelompok, untuk tipe kandang kelompok sapi membutuhkan ruang yang lebih luas lagi di bandingkan kandang individu, karena kelemahan dari kandang tipe ini akan terjadi kompetisi untuk mendapatkan pakan, sehingga jika ada sapi yang lebih kuat untuk mendapatkan pakan lebih banyak akan lebih cepat pertumbuhannya di bandingkan dengan sapi yang lemah untuk bersaing mendapatkan pakan.